Minggu, 09 Agustus 2009

Lazio Rengkuh Piala Super Italia

BEIJING - Lazio berhasil menambah perolehan trofi Piala Super Italia milik mereka. Itu setelah jawara Copa Italia 2009 menumbangkan peraih scudetto Inter Milan 2-1 di Beijing, Sabtu (8/8/2009).

Nerazzurri boleh saja menambah amunisinya dengan striker-striker papan atas seperti Samuel Eto'o dan Diego Milito. Namun, anak-anak asuhan Jose Mourinho tak berdaya menghadapi gempuran Mauro Zarate dkk.

Pada 45 menit pertama, Inter memang menampilkan permainan menyerang yang apik. Sulley Muntari berpeluang mencetak gol pertama Inter di menit ke-31 ketika menerima umpan dari Eto'o. Sayang, bola tendangannya masih belum menemui sasaran.

Enam menit kemudian, giliran Lucio yang mengancam gawang Fernando Muslera ketika menyambut sepak pojok Esteban Cambiasso dengan sundulan kepalanya. Namun, Muslera bereaksi sigap dan berhasil melompat menepis bola. Skor kacamata terus bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Inter belum mengendurkan serangan. Mantan bomber Barcelona Samuel Eto'o nyaris mencetak gol pertama dalam pertandingan pada menit ke-56 setelah memanfaatkan blunder bek Mobido Diakite. Sayang, tendangannya masih melebar di sisi gawang.

La Beneamata terus berusaha menjebol pertahanan Biancoceleste. Milito beberapa kali tampak mengancam gawang Muslera, meski upayanya pun belum membuahkan hasil.

Namun, di menit ke-62, sang jawara Serie A itu justru tertegun. Adalah gelandang asal Brasil Matuzalem yang sukses menjebol gawang Julio Cesar setelah menyambut tendangan bebas Aleksandar Kolarov. Cesar sebenarnya berhasil menyelamatkan bola. Tapi, bola tersebut memantul kembali mengenai wajah Matuzalem dan masuk ke dalam gawang. 1-0 Lazio memimpin.

Gol Matuzalem rupanya membuat semangat Lazio kembali berkobar. Hanya berselang tiga menit, giliran Tomasso Rocchi yang menceploskan bola dengan tendangan jarak jauh yang tidak sanggup diantisipasi Cesar.

Tertinggal dua gol, Inter berusaha bangkit. Upaya tersebut berhasil diselesaikan dengan baik oleh Eto'o ketika pertandingan menyisakan 10 menit. Memanfaatkan penjagaan yang buruk dari Ousmane Dabo, Mario Balotelli merebut bola dan segera mengopernya kepada Eto'o. Striker asal Kamerun itu pun menyelesaikan tugasnya dengan baik dan membukukan gol pertamanya untuk Inter.

Nerazzurri sempat bersorak ketika Milito menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-86. Namun, gol langsung dianulir wasit karena posisi Milito yang offside. Keunggulan Lazio 2-1 tidak berubah hingga peluit panjang terakhir dibunyikan.

Kemenangan ini menambah gelar juara Piala Super Italia milik Lazio menjadi tiga setelah memenangkannya pada 1998 dan 2000 silam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar